Haruskah menjadi Guraru (Guru Era Baru)?? Jawabanya sudah tentu
harus. Kenapa?? Karena peradaban manusia semakin hari semakin berkembang pesat.
Maka dari itu, sudah saatnya dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan media
bantu seperti ICT menjadi sesuatu yang penting.
ICT untuk
Edukasi :
1. ICT dan
perkembangan terakhir (vision)
2. ICT /
E-Learning salah satu cara mengatasi masalah pendidikan
3. Computer
Based Learning, Computer Assisted Learning
4. Distance
Learning
5. Pembelajaran
lebih menarik dan interaktif
Mengapa
Menggunakan ICT :
1. PBM (Proses
Belajar Mengajar)
2. Materi
Abstrak (diluar pengalaman sehari-hari)
3. Materi jadi
sulit dipahami
4. Visualisasi
dan Simulasi
5. Interaktif
dan Multimedia
Berdasarkan
hasil penelitian di US : proses belajar mengajar yang dibantu alat peraga
meningkatkan efisiensi 47 %, di bantu ICT meningkatkan efisiensi 93%
6. Kekuatan
hypertext (dibandingkan buku)
7. Memudahkan
memilih, mensitesa, dan mengkolaborasi
8. Komputer
dapat mengakomodasi siswa lamban belajar
9. Penggambaran ulang object belajar dan pola
pikir siswa
10.
Meningkatkan retensi / daya ingat siswa dengan belajar secara mulitimedia
Ada banyak
kegunaan jika dalam kegiatan belajar mengajar dibantu oleh ICT, di antaranya :
v Memperjelas
pesan agar tidak verbalis
v Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
v Menimbulkan
gairah belajar, interaksi langsung antara siswa dan sumber belajar
v Memungkikan
siswa belajar mandiri, sesuai bakat, keterampilan visual, audiotori, dan
kinestetiknya.
v Memberikan
rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang
sama
Karakteristik
Media Belajar Berbasis ICT
Sebuah pepatah menyebutkan “I hear I forget, I see I know, I do
I Understand”
Penelitian
De Porter mengungkap manusia dapat menyerap suatu materi sebanyak 70% dari apa
yang dikerjakan, 50% dari apa yang di dengar dan di lihat (audio visual),
sedangkan dari apa yang dilihatnya hanya 30%, dari apa yang di dengarnya hanya
20%, dan dari yang dibaca hanya 10%.
Kontribusi
Media Pembelajaran :
Penyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
Pembelajaran
dapat lebih menarik
Pembelajaran
menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
Waktu
pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan
Sikap
positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
ditingkatkan
Peran guru
berubah ke arah yang positif
-semoga
bermanfaatt-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar