#my second life#

#my second life#

Sabtu, 08 Maret 2014

Contoh Blue Print Sekolah Alam ( Nature School of Butterfly)


NATURE SCHOOL OF BUTTERFLY
JL. MANGGA KAV 12 A RT 01 / RW 003 NO. 58 SUKAMADU, BEKASI

A. PENDAHULUAN
Setiap manusia lahir kedunia dalam keadaan seperti kertas kosong / fitrah, dalam perkembangannya manusia akan menghadapi berbagai hal dalam kehidupannya yaitu pengaruh dari lingkungan terdekat orangtua dan saudaranya yang tinggal dengannya. Dalam perkembangannya manusia banyak mengalami berbagai permasalahan yang harus dihadapi, dan orangtua merupakan peran yang sangat penting dalam kehidupan anak, kemudian baru sekolah, dan masyarakat.
Anak dalam perkembangnya membutuhkan peran orangtua, dan guru di sekolah. Jika orangtua dapat mengerti perkembangan anaknya, maka mereka akan memberikan pola asuh yang terbaik dan memberikan pendidikan yang terbaik disekolah. Anak di Indonesia masih banyak menggunakan system pendidikan metode menghafal, sehingga menuntut kinerja otak kiri, padahal seharusnya anak juga harus dibekali dengan kerja otak kanan.
Dalam pendidikan sekolah seharusnya anak dibekali kemampuan mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan, sehingga kemampuan mereka menjadi maksimal. Dalam membentuk kinerja otak kanan hanya sekolah alam yang dapat menerapkannya, sesuai dengan konsep multtiple intelegensi (kecerdasan majemuk).
Sekolah alam di Indonesia sudah banyak sekali yang muncul, maka kami selaku penerus bangsa ingin membuat suatu perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekolah alam yang kami buat adalah Nature school of butterfly. Nama ini kami buat dengan arti sekolah yang nampak awalnya tidak dipandang oleh manusia menjadi sekolah dimasa depan yang sangat indah dan menawan jika dilihat oleh masyarakat.

B. PROFIL SEKOLAH
Nature School of Butterfly adalah salah satu sekolah alam yang ada di Bekasi. Nature School of Butterfly merupakan solusi alternative dari keprihatian sistem pendidikan yang ada saat ini.  Adapun konsep pendidikan di Nature School of Butterfly yaitu alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media dan bahan mengajar, dan alam sebagai objek pembelajaran. Maka diharapkan dengan adanya Nature School of Butterfly dapat menjadi angin segar bagi para orang tua yang merasa jenuh dengan sistem pendidikan yang ada di sekolah-sekolah formal pada umumnya.
Kelebihan dari Nature School of Butterfly adalah :
• peserta didik tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung   pengetahuan yang dipelajari.
• Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan peserta didik mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan. 
• Ruang kelas terbuka atau tidak mengungkung anak di dalam 4 sisi dinding.  

C.  VISI
      Menjadi sekolah terdepan yang mencetak generasi rabbani dan pioneer

D. Misi
1.    Membentuk generasi pemimpin yang berkarakter islami
2.    Menghasilkan peserta didik yang mandiri
3.    Menghasilkan peserta didik yang memiliki jiwa enterpreneur
4.    Menciptakan peserta didik yang peduli terhadap lingkungan

E.  KRITERIA GURU
Guru atau tenaga pengajar di Nature School of Butterfly adalah para lulusan PTN atau PTS yang diharapkan memiliki wawasan pendidikan dan wawasan kemandirian yang bagus dan memadai. Sehingga diharapkan mampu mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di Nature School of Butterfly. Guru sekaligus sebagai fasilitator dan patner yang baik bagi anak didiknya. Adapaun kriteria spesifik guru di Nature School of Butterfly adalah :
1.    muslim / muslimah
2.    bisa dan dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar
3.    siap untuk belajar dan mengajar
4.    guru menjadi suri teladan bagi peserta didiknya
5.    mencintai dunia anak dan remaja
6.    bekerja keras, tanggung jawab, dan mampu bekerja baik secara tim maupun individu.
F. METODE PEMBELAJARAN
Dengan mengacu kepada pencapaian logika berfikir dengan baik, metode yang diterapkan adalah action learning. Hal ini dikembangkan melalui ceramah dan diskusi, pemecahan masalah terstruktur, adanya studi kasus dan presentasi. Metode belajarnya menggunakan lingkungan alam sekitar. Penggunaan lingkungan alam sekitar tidak hanya sebagai obyek observasi saja tetapi juga sebagai sarana dalam proses pembelajaran (learning experience).

G. KEGIATAN PENUNJANG
1.    Amphitheartre
Amphitheatre yang letaknya di tepi jurang yang menampilkan panorama sawah yang asri yang merupakan area berkreasi seluruh peserta didik di akhir pekan untu menampilkan kreasi dan bakat yang luar biasa.
     2.  Recylce Garden
Pemanfaatan barang-barang bekas sehingga memiliki nilai jual
     3.  Masjid
     4.  Outbond
Salah satu kegiatan outbond di Nature School of Butterfly ini rutin diberikan untuk semua peserta didik. Outbound bertujuan untuk pembentukan sikap kepemimpinan siswa (kepercayaan diri, kerja sama tim, dan lain-lain)
     5.  Berkebun & Berternak
Kegiatan kebun dan ternak dilakukan oleh semua peserta didik. Adapun jenis kegiatannya ditentukan sesuai sesuai dengan kelas peserta didik. Selain belajar mencintai lingkungan, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk materi pelajaran lain secara terpadu.
6.  Market day
     Kegiatan ini merupakan ajang setiap sekolah untuk berjualan di sekolah alam. Setiap peserta didik akan terlibat mulai dari perencanaan, promosi hingga penjualan produk mereka. Hal ini membutuhkan kerjasama antara peserta didik di masing-masing kelas. Pada saat market day, orang tua dan masyarakat di undang untuk secara langsung melihat dan membeli dagangan peserta didik di sekolah alam

7. Outing
KegiaKegiatan ini merupakan kegiatan untuk memperdalam pembelajaran yang disampaikan di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang sesuai dengan tema pembelajaran peserta didik saat itu.
     8.  Ramadhan Camp dan I’tikaf       
Ramadhan camp merupakan kegiatan yang bernuansa Ramadhan. Salah satu bentuk kegiatannya adalah Ifthor. Peserta didik mulai kelas 3 hingga kelas 9 melanjutkan acara berbuka puasa dengan menginap di sekolah. Bersama-sama mereka melakukan sholat tarawih, tilawah Qur’an, kajian Islam, qiyamul lail dan sahur. Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, peserta didik mulai kelas 4 hingga kelas 9 dikenakan dengan kegiatan I’tikaf kegiatan menginap diadakan selama dua hari semalam.

H. ANGGARAN DANA
No.
Jenis Perbelanjaan
Harga
1
2
3
4
5
6
7
Pembelian tanah 500m
Pembuatan rumah dan Saung, kamar mandi
Pemeliharaan rumah dan Saung 1 (tahun)
Biaya Operasional listrik,air (1 tahun)
Biaya gaji karyawan (1 tahun) 15 guru
Biaya alat tulis 1 tahun
Biaya perlengkapan 1 tahun
150.000.000
120.000.000
10.000.000
10.000.000
100.000.000
10.000.000
50.000.000
430.000.000

Sumber dana didapat dari pinjaman bank Jawa Barat menggunakan sertifikat tanah milik warisan orangtua dikampung 100 hektar.

2 komentar: