NATURE
SCHOOL OF BUTTERFLY
JL. MANGGA KAV 12
A RT 01 / RW 003 NO. 58 SUKAMADU, BEKASI
A.
PENDAHULUAN
Setiap manusia lahir kedunia dalam keadaan
seperti kertas kosong / fitrah, dalam perkembangannya manusia akan menghadapi
berbagai hal dalam kehidupannya yaitu pengaruh dari lingkungan terdekat
orangtua dan saudaranya yang tinggal dengannya. Dalam perkembangannya manusia
banyak mengalami berbagai permasalahan yang harus dihadapi, dan orangtua
merupakan peran yang sangat penting dalam kehidupan anak, kemudian baru
sekolah, dan masyarakat.
Anak dalam perkembangnya membutuhkan peran
orangtua, dan guru di sekolah. Jika orangtua dapat mengerti perkembangan
anaknya, maka mereka akan memberikan pola asuh yang terbaik dan memberikan
pendidikan yang terbaik disekolah. Anak di Indonesia masih banyak menggunakan
system pendidikan metode menghafal, sehingga menuntut kinerja otak kiri,
padahal seharusnya anak juga harus dibekali dengan kerja otak kanan.
Dalam pendidikan sekolah seharusnya anak
dibekali kemampuan mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan, sehingga
kemampuan mereka menjadi maksimal. Dalam membentuk kinerja otak kanan hanya
sekolah alam yang dapat menerapkannya, sesuai dengan konsep multtiple
intelegensi (kecerdasan majemuk).
Sekolah alam di Indonesia sudah banyak sekali
yang muncul, maka kami selaku penerus bangsa ingin membuat suatu perubahan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekolah alam yang kami buat adalah Nature
school of butterfly. Nama ini kami buat dengan arti sekolah yang nampak
awalnya tidak dipandang oleh manusia menjadi sekolah dimasa depan yang sangat
indah dan menawan jika dilihat oleh masyarakat.
B. PROFIL SEKOLAH
Nature School of Butterfly adalah salah satu
sekolah alam yang ada di Bekasi. Nature School of Butterfly merupakan solusi
alternative dari keprihatian sistem pendidikan yang ada saat ini. Adapun konsep pendidikan di Nature School of
Butterfly yaitu alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media dan bahan
mengajar, dan alam sebagai objek pembelajaran. Maka diharapkan dengan adanya
Nature School of Butterfly dapat menjadi angin segar bagi para orang tua yang
merasa jenuh dengan sistem pendidikan yang ada di sekolah-sekolah formal pada
umumnya.
Kelebihan dari Nature School of
Butterfly adalah :
• peserta didik tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung pengetahuan yang dipelajari.
• Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan peserta didik mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan.
• Ruang kelas terbuka atau tidak mengungkung anak di dalam 4 sisi dinding.
• peserta didik tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung pengetahuan yang dipelajari.
• Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan peserta didik mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan.
• Ruang kelas terbuka atau tidak mengungkung anak di dalam 4 sisi dinding.
C. VISI
Menjadi sekolah
terdepan yang mencetak generasi rabbani dan pioneer
D. Misi
1.
Membentuk generasi
pemimpin yang berkarakter islami
2.
Menghasilkan peserta
didik yang mandiri
3.
Menghasilkan peserta
didik yang memiliki jiwa enterpreneur
4.
Menciptakan peserta
didik yang peduli terhadap lingkungan
E. KRITERIA GURU
Guru atau tenaga pengajar di
Nature School of Butterfly adalah para lulusan PTN atau PTS yang diharapkan
memiliki wawasan pendidikan dan wawasan kemandirian yang bagus dan memadai.
Sehingga diharapkan mampu mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di Nature
School of Butterfly. Guru sekaligus sebagai fasilitator dan patner yang baik
bagi anak didiknya. Adapaun kriteria spesifik guru di Nature School of
Butterfly adalah :
1.
muslim / muslimah
2.
bisa dan dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar
3.
siap untuk belajar dan mengajar
4.
guru menjadi suri teladan bagi peserta didiknya
5.
mencintai dunia anak dan remaja
6.
bekerja keras, tanggung jawab, dan mampu bekerja baik secara tim maupun
individu.
F. METODE PEMBELAJARAN
Dengan mengacu kepada pencapaian logika berfikir dengan baik, metode
yang diterapkan adalah action learning. Hal ini dikembangkan melalui
ceramah dan diskusi, pemecahan masalah terstruktur, adanya studi kasus dan
presentasi. Metode belajarnya menggunakan lingkungan alam sekitar. Penggunaan
lingkungan alam sekitar tidak hanya sebagai obyek observasi saja tetapi juga
sebagai sarana dalam proses pembelajaran (learning experience).
G. KEGIATAN
PENUNJANG
1.
Amphitheartre
Amphitheatre
yang letaknya di tepi jurang yang menampilkan panorama sawah yang asri yang
merupakan area berkreasi seluruh peserta didik di akhir pekan untu menampilkan
kreasi dan bakat yang luar biasa.
2.
Recylce Garden
Pemanfaatan
barang-barang bekas sehingga memiliki nilai jual
3.
Masjid
4. Outbond
Salah satu kegiatan outbond di Nature School of
Butterfly ini rutin diberikan untuk semua peserta didik. Outbound bertujuan
untuk pembentukan sikap kepemimpinan siswa (kepercayaan diri, kerja sama tim,
dan lain-lain)
5.
Berkebun & Berternak
Kegiatan kebun dan ternak dilakukan oleh semua
peserta didik. Adapun jenis kegiatannya ditentukan sesuai sesuai dengan kelas
peserta didik. Selain belajar mencintai lingkungan, kegiatan ini juga dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran untuk materi pelajaran lain secara
terpadu.
6. Market day
Kegiatan ini merupakan ajang setiap
sekolah untuk berjualan di sekolah alam. Setiap peserta didik akan terlibat
mulai dari perencanaan, promosi hingga penjualan produk mereka. Hal ini
membutuhkan kerjasama antara peserta didik di masing-masing kelas. Pada saat
market day, orang tua dan masyarakat di undang untuk secara langsung melihat
dan membeli dagangan peserta didik di sekolah alam
7. Outing
KegiaKegiatan ini merupakan kegiatan untuk memperdalam pembelajaran yang
disampaikan di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat
yang sesuai dengan tema pembelajaran peserta didik saat itu.
8. Ramadhan Camp dan I’tikaf
Ramadhan camp merupakan kegiatan yang bernuansa Ramadhan.
Salah satu bentuk kegiatannya adalah Ifthor. Peserta didik mulai kelas 3 hingga
kelas 9 melanjutkan acara berbuka puasa dengan menginap di sekolah. Bersama-sama
mereka melakukan sholat tarawih, tilawah Qur’an, kajian Islam, qiyamul lail dan
sahur. Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, peserta didik mulai kelas 4
hingga kelas 9 dikenakan dengan kegiatan I’tikaf kegiatan menginap diadakan
selama dua hari semalam.
H.
ANGGARAN DANA
No.
|
Jenis Perbelanjaan
|
Harga
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Pembelian tanah 500m
Pembuatan rumah dan Saung,
kamar mandi
Pemeliharaan rumah dan
Saung 1 (tahun)
Biaya Operasional
listrik,air (1 tahun)
Biaya gaji karyawan (1
tahun) 15 guru
Biaya alat tulis 1 tahun
Biaya perlengkapan 1
tahun
|
150.000.000
120.000.000
10.000.000
10.000.000
100.000.000
10.000.000
50.000.000
430.000.000
|
Sumber dana didapat dari
pinjaman bank Jawa Barat menggunakan sertifikat tanah milik warisan orangtua
dikampung 100 hektar.
mantap..kapan terwujud
BalasHapusAssalamualaikum..... ada yang lebih komplit lagi ga blueprint nya ? s
BalasHapus